Skip to main content

REVIEW Drama Korea: HOSPITAL PLAYLIST

1. Info

- Drama: Hospital Playlist
- Judul Korea: 슬기로운 의사생활 / Seulgirowoon Euisasaenghwal
- Writer: Lee Woo Jung
- Director: Shin Won Ho
- Channel: tvN
- Genre: Slice of Life
- Eps: 12



2. Sinopsis

Mengisahkan 5 sahabat yang sama-sama berprofesi sebagai dokter. Mereka berteman sejak duduk dibangku kuliah dan sekarang bekerja di rumah sakit yang sama.



3. Casts



1). Jo Jung Suk (Lee Ik Jun)

Si dokter bedah umum yang sukanya ngurusin urusan orang😂. Keren loh si Ik Jun, gosip di Yulje mana ada yg dia gatau, semua rahasia Yulje Byeongwon kayanya dia pegang semua dah, bahkan sampe rahasia pasien juga wkw terkenal ramah dan gampang bergaul bikin orang-orang di Yulje banyak yg spill rahasia mereka ke Ik Jun, kalo kata sahabat-sahabatnya mah dia tukang ngurusin urusan orang haha. Bahkan emak-emak kantin aja tuh percaya Ik Jun sampe nyuruh Ik Jun jaga kantin rumah sakit🤣. Apalagi tiap suatu divisi rumah sakit ada kumpul makan malam, Ik Jun mah gapernah absen. Ada untungnya sih si Ik Jun ramah ke semua orang, berkat dia ruang VIP rumah sakit penuh terus, saking pengennya pejabat-pejabat yang sakit dioperasi sama si Ik Jun.

Meskipun dia suka sibuk sama pasien, dia tetap bertanggung jawab sebagai seorang ayah sih. Dia gapernah lewatin bikin sarapan buat U Ju, nidurin U Ju, dan main sama U Ju (kecuali kalo mendadak ada pasien harus operasi). Mama U Ju harusnya bersyukur punya Ik Jun, tapi Ik Jun malah diselingkuhin😭. Meskipun diawal kalut waktu istrinya minta cerai, tapi dia gak berlarut-larut, karena masih ada U Ju yang harus dia bahagiain. Dengan slalu ada buat U Ju, bikin U Ju juga tau kalo yang berusaha selalu bahagiain dia bukan mamanya tapi ayahnya. Emang anak tuh ngrasain, chingudeul kalo kurang kasih sayang dari orang tua nya. Jadi kita gbs salahin U Ju kalo kurang respect sama mamanya karena faktanya yang selalu ada buat U Ju emang ayahnya, bukan mamanya.



2) . Yoo Yeon Seok (Ahn Jeong Won)

Andrea Malaikat Penolong si dokter bedah pediatrik kecintaan kita semuaa🤣🤣. Dia beneran nyembunyiin dengan baik sih sebagai penyumbang dana buat pasien yang kurang mampu dan sebagai anak pemilik Yulje Byeongwon. Para sahabatnya mah awalnya ngiranya dia miskin karena numpang di rumah Jun Hwan, tapi pada gatau kalo sebenarnya gaji dia jadi dokter juga buat nyumbang dana ke pasien kurang mampu. Terus kalo bukan ayahnya meninggal juga sahabatnya pada gatau kalo dia anak chaebol. Padahal mereka udh sahabatan 20tahun😂

Jeong Won punya cita-cita yang mulia banget. Pengen jadi Pastor kek hyungdeul dan noonadeul nya. Tapi terhalang restu orangtua. Setelahnya ayahnya meninggal, Rosa Eommoni pengen si Jeong Won yg ngelola rumah sakit karena cuma Jeong Won harapan satu-satunya buat buat pegang bisnis keluarga. Tapi ternyata dia juga pengen ngikutin jalan para kakaknya.

3) . Jung Kyung Ho ( Kim Jun Hwan)

Dokter kardiotoraks yg galaknya minta ampun. Udah galak gapunya perasaan sama sekali. Sampe bikin dokter kepala residen, Jae Hak kzl setengah mati. Karena tiap kali ngejelasin ke wali pasien selalu aja yang dijelasin duluan yang ngeri-ngerinya doang, hal baik nya pasti diomongin belakangan. Lah wali pasien ya pada ngeri duluan lah, gak jarang nangis juga😂. Tapi tanpa banyak yg tau dia juga perhatian banget loh sebenernya. Dateng ke pernikahan putri pasien nya misalnya. Banyak hal baik yang dia lakukan yang gak banyak dokter lain tau. Sayang banget ketutup sama watak dia yg galak😂🤣.

Aku tu masih gak habis pikir loh dia bisa pacaran sama Ik Sun (adik Ik Jun). Ik Sun juga mau aja lagi pacaran sama Jun Hwan wkwk tapi beneran orang-orang macam Jun Hwan gitu sekali punya pacar bisa berubah drastis wataknya. Eh tapi depan pacarnya ya, bukan sahabatnya. Karena Jun Hwan tetaplah Jun Hwan ahahha.

4) . Kim Dae Myung (Yang Seok Hyeong)

Tuan introvert yang suka nya makan ramyeon sendirian sambil nonton New Journey to the West🤭 Si dokter kebidanan dan ginekologi ini nih introvert nya minta ampun. Dia gak nyaman ngobrol sama orang kecuali sama para sahabatnya. Sampe bikin dokter residen pada takut sekaligus jengkel sama dia ya emang sesusah itu memahami isi pikiran Seok Hyeong. Yang bisa? Ya cuma sahabat-sahabatnya doang.

Semua pemeran utama punya masalahnya masing-masing, tapi menurutku masalah Seok Hyeong lah yang paling berat. Meskipun dia tuh anak orang kaya, tapi hidupnya gak bahagia. Salah satu faktornya adalah karena ada pelakor diantara ayah sama ibunya. Mana pelakornya hamil lagi sama ayahnya, pusing dah tuh. Ibunya pun gamau cerai sama ayahnya, karena gak rela aja semua harta diambil sama pelakor. Bener banget tuh si ibu jangan kasih jalan buat pelakor bu! Wkwk. Bahkan Seok Hyeong sampai harus cerai sama istrinya karena gamau kasih beban lebih berat ke istrinya karena masalah keluarganya. Parah, sebaik hati itu emang Seok Hyeong.

5) . Jeon Mido (Chae Song Hwa)

Satu-satunya cewe di geng dokter, yang paling tangguh, dan yang paling cepet kalo lagi makan (sama Jun Hwan sih wkw). Song Hwa adalah dokter bedah saraf. Dokter spesialis paling baik hati kalo kata dokter dan perawat lain mah. Keren banget dia tuh jadi cewe ya ampun kzl. Kok bisa juga gitu loh dia tuh gapernah cinlok sama sahabat cowo satu gengnya. Atau emang belum ketahuan dan bakal ada di season 2 nya yaaa? Emm🤔

Menurutku, si Ik Jun, Jung Hwan, Jeong Won, dan Seok Hyeong beruntung banget punya sahabat kaya Song Hwa, dia tuh peran nya kayak yg buat bersandar gitu loh. Apapun masalahnya, mereka kalo udah cerita ke Song Hwa jadi tenang, jadi adem. Tapi yang namanya manusia ya pasti punya kekurangan. Sesempurna apapun Song Hwa, dia punya satu kekurangan. Yaitu suaranya sumbang🤣🤣🤣 ya Allah tiap Song Hwa nyanyi mah bawaannya ngakak mulu. Para sahabatnya harus merelakan si suara sumbang ini jadi vokalis biar band mereka bisa jalan seperti yang Seok Hyeong mau. Untung ada Ik Jun yg jadi back vocalist di Mido&Falasol (nama band mereka) wkwk.

4. Review

📌 First Impression



Aku adalah tim nunggu tamat (i said it before). Biasanya kalo mau nonton sebuah drama aku bakal lihat spoiler-spoiler yang bertebaran di timeline instagram biar waktu nonton udah 'agak' ngerti. Tapi khusus drama ini, aku sama sekali gak liat spoiler, tiap kali ada yg posting drama ini entah cut scene atau review video aku selalu sengaja ngelewatin. Aku cuma percaya sama Jo Jung Suk oppa. Udah. Alasannya? Gatau. Bener-bener modal percaya doang sama Jung Suk oppa. Saudaraku yang duluan nonton drama ini tiap kali kasih spoiler juga gapernah aku dengerin dengan seksama. Ya masuk kuping kanan keluar kuping kiri aja gitu. Karena aku bakal nonton drama ini dengan beneran have no idea.

Nah first impression ku untuk drama ini adalah bingung. Iya bingung. Karena pemeran utama nya ada lima. Fokusku terbagi ke banyak orang termasuk para dokter residen dan perawat. Aku harus ngafalin nama dan wajah pemeran biar ngerti sama jalan ceritanya. Padahal banyak banget coyy🤣. Tapi itu semua ku lakukan biar rasa percaya ku ke Jung Suk oppa gak berubah jadi rasa kecewa. Eh tapi rasa percayaku gak sia-sia, chingudeul. Drama ini bagus banget no debat!

📌 Drama Ini "BEDA"

Udah banyak banget drama tentang kedokteran yang pernah aku tonton, dari Doctor Stranger sampe Doctor Prisioner. Rata-rata drama kedokteran pasti isinya entah rebutan jabatan rumah sakit, balas dendam, operasi yang nyeremin, atau dibalut sama thriller. Tapi, chingudeul drama ini yaaa beneran dah wah jinjja. Isinya gak ada semua hal yang aku sebutin diatas. Pure tentang keseharian di rumah sakit. Operasi-operasi ya tetep ada karena mereka semua dokter spesialis, tapi tuh gak yang nyeremin gitu. Biasanya kan kaya diperlihatkan gitu kan yaa proses operasinya. Tapi disini gak sama sekali. Jadi buat chingudeul yg gak kuat lihat darah dan sebagainya, bakalan tetep nyaman nonton drama ini.

Karena kebiasaan nonton drama kedokteran, kadang kalau ada scene yang alurnya mirip-mirip gitu aku pasti nebak "wah pasti meninggal", "lah jangan-jangan..." suka gitu, chingudeul. Tapi semua tebakanku selalu salah di drama ini wkwk hal-hal yang kita khawatirkan gak akan terjadi didrama ini. Drama ini juga gak ada tokoh antagonisnya. Aku ulangi lagi. Beneran pure keseharian di rumah sakit aja

📌 Romance Tipis-Tipis
Kalian kalo ngarepin romance di drama ini siap-siap agak kecewa yaaa! Wkwk. Drama ini difokuskan tentang kehidupan persahabatan dokter, jadi selama 12 episode juga yang banyak diceritain tentang persahabat mereka. Gimana mereka ketemu, mereka main band tiap minggu, saling support satu sama lain. Kalo dibayangin indah banget deh bisa sahabatan sampe 20 tahun. Ya pasti mereka punya kehidupan cinta nya sendiri. Disini yang akan aku bahas:

1). Lee Ik Jun & Song Hwa

Lee Ik Jun dulu waktu kuliah pernah suka sama Song Hwa, tapi rasa itu dipendam karena tau Seok Hyeong juga suka. Sampe pada akhirnya Ik Jun ketemu sama cewe dan jadilah U Ju. Tapi pada akhirnya setelah mereka cerai Ik Jun nyadar kalo cinta nya ke Song Hwa belum selesai. Bahkan makin dalam ketika Ik Jun ngeliat betapa sayangnya Song Hwa sama U Ju (ada satu scene ketika Song Hwa ke rumah Ik Jun buat nemenin U Ju yang lagi sakit). Apakah persahabatan mereka pecah? Engga, karena Ik Jun memendam perasaan itu, bahkan ketika tau Chi Hong suka sama Song Hwa juga dia gak terlalu nunjukkin kalo cemburu. Dia tetap berada di posisi bagaimana semestinya, jadi sahabat Song Hwa. Apakah akhirnya Ik Jun akhirnya ngaku ke Song Hwa? Yes, di akhir episode sebelum Ik Jun ke Spanyol. Tapi Song Hwa nya gak jawab😭. Kita tunggu di season 2 nya yuk!

2). Ahn Jeong Won & Jang Gyeo Ul



Ini kisah cinta paling nyesek diantara mereka berlima woiii. Urusannya udah bukan cewe lain atau cowo lain lagi, tapi sama Tuhan. Iya sama Tuhan. Jadi aku gabisa ngomentarin salah atau bener yaa, takut euy🤣. Aku kira tuh bakal ada perkembangan diantara kisah mereka, tapi beneran gak ada, chingudeul wkwk. Demi agar cita-cita Jeong Won terwujud dia jaga jarak banget sama Gyeo Ul. Mereka interaksi kalo waktu ada kerjaan aja, diluar itu? Gak ada sama sekali🤣 Jadi Gyeo Ul bener-bener dibiarkan cinta sendirian selama 12 episode. Jeong Won nya juga suka sih sebenarnya, tapi ya diem mulu karena mau jadi Pastor. Untung nya si Andrea ini batal jadi Pastor, betapa kagetnya Gyeo Ul waktu ngungkapin perasaaan terus di kisseu sama Jeong Won wkwk. Gwenchana, mungkin itu jalan terbaik juga. Jeong Won batal jadi Pastor tapi tetep jadi Malaikat Penolong. Pasti Tuhan ngertiin Jeong Won😇.

3). Kim Junhwan & Lee Ik Sun

Nah ini nih, kampret banget emang🤣. Bisa-bisanya macarin adik sahabatnya sendiri, mana diem diem lagi kagak ngomong wkwk. Abis dah lu Jun Hwan sama Ik Jun kalo ketahuan wkwk. Dokter spesialis yang bahkan wamilnya aja dibebas tugaskan, pacaran sama tentara. Betapa ngerinya kalo Jun Hwan bikin salah sama Ik Sun haha. Seneng banget sama kisah mereka, perkembangan hubungannya cepet banget. Tapi tetep slalu was-was takut ketahuan Ik Jun😂. Biasanya Jung Hwan kalo pacaran gak lebih dari 3 bulan, tapi kali ini awet banget kaya formalin wkwk sahabatnya aja pada heran. Tapi nyatanya gak ada yang selalu indah di dunia ini, chingudeul. Ik Sun nya gamau diajak nikah💔 karena trauma sama mantannya bikin dia gamau nikah, bahkan waktu Jun Hwan kirim cincin sebagai hadiah natal aja dibalikin cincin nya hiks. Eh tapi di episode akhir kok cincin yg disimpan di laci meja Jun Hwan kok gak ada? Terus Jun Hwan kok nyengir? Ada apa ya? Sabar nunggu tahun depan ya chingudeul buat tau jawabannya😭.

4). Yang Seok Hyeong & Chu Min Ha

Semua orang pasti punya masa lalu. Yes. Seok Hyeong udah pernah nikah dan pernikahannya gagal. Disini gak dijelasin secara gamblang kenapa mereka cerai, tapi ada salah satu adegan dimana Seok Hyeong bilang kalo dia kasihan sama mantan nya karena harus ada ditengah-tengah kelurga Seok Hyeong yang rumit. Itu juga yang bikin Seok Hyeong gak menjalin hubungan lagi sama cewek. Karena gamau kasih beban ke cewe nya karen keadaan keluarganya. Chu Min Ha disini adalah dokter residen di divisi nya Seok Hyeong. Awalnya dia benci banget karena Seok Hyeong orangnya gabisa ditebak dan gak jarang juga menjengkelkan bagi Min Ha. Tapi makin lama dia jadi penasaran sama kehidupan Seok Hyeong dan berubah jadi cinta. Salut loh akutuh sama Min Ha berani ngungkapin perasaan duluan, tapi ditolak😭. Seok Hyeong bilang ke sahabatnya sih kalo dia gak tertarik, tapi who knows? Mungkin karena dia punya sifat introvert jadi mending dipendam sendiri aja perasaannya daripada harus menyakiti cewe lagi. Tapi di episode akhir kok mantan nya nelfon😭😭 setahun lama banget gak siii kzl dah.

📌 Terimakasih.



Yes, di bagian akhir dari review kali ini adalah aku cuma mau berterima kasih. Terimakasih buat Shin PDnim dan Lee Chakkanim beserta staff karena udah bikin drama ini. Setiap adegan yang ada di drama ini benar-benar masuk ke memoriku yang menandakan bahwa aku sangat enjoy nonton drama ini. Terimakasih untuk kurang lebih 1 jam 30 menit nya di tiap episode, terasa cepet banget waktu nonton drama ini. Tau-tau udahan aja selesai. Gak lupa buat para pemeran pendukung, para dokter, perawat, dan pasien yang menurutku peran mereka sebagai pemeran pendukung sangat mendukung untuk berjalannya alur drama ini. Bener-bener sangat membantu perannya, gak ada yang gak penting. Semua berperan sangat penting di drama ini pas sesuai porsinya.

Aku sangat me rekomendasiin drama ini buat kalian, chingudeul. Drama ini sangat membantu proses healing ku. Akhir-akhir ini banyak kejadian gak menyenangkan dihidupku yang mana bikin aku sampe gabisa mengeluarkan air mata. Tapi berkat drama ini di setiap episode ada adegan yang bikin nangis, jadi air mataku turun nya deras sekali😂 nangis karena drama ini juga nangis karena kehidupan wkwk. Selesai disini review kali ini, terimakasih udah baca, dan selamat nonton dramanya!

Comments

Popular posts from this blog

Review DRAMA KOREA WHEN THE WEATHER IS FINE

Annyeong! This is my first time for writing blog 😂😂 berawal dari keseringan nonton drakor dan gak ada temen yg bisa diajak sharing, jadi mau bagi cerita disini aja! Haha hope it helps you guys. Enjoy reading 😘 1. Info - Drama: When The Weather is Fine - Judul Korea: 날씨가 좋으면 찾아가겠어요 / Nalssiga Joeumyeon Chajagagesseoyo - Channel: JTBC - Eps: 16 - Writer: Lee Do Woo(novel), Han Ga Ram - Director: Han Ji eung - Genre: Romance 2. Sinopsis Mok Hae Won (Park Min Young) adl cewek pemain cello yg baik hati. Dia bermain cello sejak kecil, tapi selama dia bermain cello dia sering terluka oleh orang lain. Lalu dia menjadi orang yg selalu menutup diri dan gak gampang percaya sama orang. Hae Won memutuskan untuk meninggalkan Seoul dan kembali ke desa kelahirannya di Bukhyun karena muak dengan pekerjaannya.   Di Bukhyun dia bertemu lagi dengan teman SMA-nya, Lim Eun Seob (Seo Kang Joon) yg ternyata sudah mencintai Hae Won sejak lama. Lim Eun Seob mempunya

Review Drama Korea: 18 AGAIN

Review Drama Korea: 18 AGAIN 1. Info Drama: 18 Again Judul Korea: 18 어게인 Director: Ha Byung Hoon Writer: Kim Do Yeon, An Eun Bin, Choi Yi Ryun Channel: JTBC Genre: Romance, Family, Fantasy 2. Sinopsis Jung Da Jung ( Kim Ha Neul) menikah dengan Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun) yang berusia 37 tahun. Merwka memiliki putra dan putri berusia 18 tahun. Jung Da Jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang sangat hangat. Dia benar-benar muak dengan semuanya dan tidak dapat menghadapinya lagi. Hong Dae Young dipecat dari pekerjaannya dan dia dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da Jung memberinya surat cerai. Sementara itu, Hong Dae Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali kehidupannya. Pada saat itu, tubuhnya berubah menjadi manusia berusia 18 tahun, sedangkan pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae Young (Lee Do Hyun) adalah pemain basket yang sangat baik dan populer. Se

Review Drama Korea: THE KING: ETERNAL MONARCH

  1. Info - Drama: The King: Eternal Monarch - Judul Korea:  더 킹: 영원의 군주 / Deo King: Yeongwonoui Goonjoo - Writer: Kim Eun Sook - Director: Baek Sang Hoon - Channel: SBS - Genre: Science Fiction, Romance, Time Traveller - Eps: 16 2. Sinopsis Seorang kaisar bernama Lee Gon (Lee Min Ho) yang mencoba menutup pintu ke dunia paralel yang dibawa oleh iblis yang dilepaskan oleh dewa ke dunia manusia dan seorang detektif bernama Jung Tae Eul (Kim Go Eun) yang mencoba melindungi banyak orang dan seseorang yang dia cintai. 3. Casts 1). Lee Min Ho (Lee Gon)           Ini adalah project drama pertama yang Lee Min Ho ambil setelah kelar wamil. Seperti biasa, Lee Min Ho mana pernah jadi orang miskin wkwk apalagi di drama ini dia jadi seorang raja, raja yang naik takhta pada umur 8th setelah ayahnya meninggal karena dibunuh oleh paman nya sendiri. Kita gausah lah ragukan lagi kemampuan akting Lee Min Ho, karena seperti biasanya juga akting dia selalu bagus dan sangat mendalami perannya sebagai raja.